4.22.2009

Pengalaman Menegangkan (1)

4.22.2009
Hari ini 22 April 2009, saya mendapat giliran untuk maju sidang/seminar proposal thesis.
Menurut cerita teman-teman kakak kelas sih seminar ini ga akan lebih menakutkan dari sidang TA di S1. Tapi pengalaman buruk di S1 pada waktu sidang proposal membuat saya takut untuk kesempatan kali ini.
Saya tidak ingin di setiap sidang proposal, saya harus maju sampai 2x.

Dari hari Jumat 17 April 2009, saya sudah mendapat telpon dari ITS kalau jadwal ujian saya adalah hari Rabu tgl 22 April 209 jam 16.00. Hari itu juga saya mencoba untuk mempersiapkan semuanya lebih lagi. Saya persiapkan slide, segala pengertian untuk antisipasi terhadap apa yang akan ditanyakan oleh penguji.
Hari senin, seperti biasa ada kuliah seminar proposal. Kuliah ini berguna untuk membantu mahasiswa agar dapat lulus tepat waktu. Hari senin tanggal 20 April 2009 juga saya mendapat kesempatan untuk mencoba presentasi di depan peserta kuliah dan dosen (anggapannya peserta kuliah dan dosen adalah penguji)

Pada saat pembuatan slide, semakin saya baca proposal rasanya semakin ga yakin dengan apa yang sudah saya kumpulkan... Slide PPT pertama kali saya bawakan di kuliah hari senin. Setelah kuliah tersebut, saya mendapat banyak sekali masukkan dari dosen.
Banyak hal yang harus ditambahkan dan diubah. Hal ini membuat saya senang sekaligus was was... Apa waktu sidang juga akan sedetail itu ya tanyanya??? Hal itu terus membuat saya kepikiran. Akhirnya saya mencoba membuang pemikiran itu dan berusaha untuk tetap konsen membenahi PPT karena hari selasa akan ke dosen pembimbing sekali lagi sebelum sidang.
Saya berusaha perbaiki dan berusaha untuk menguasai materi yang akan saya buat, setelah kembali menemui dosen pembimbing, ternyata masih ada lagi yang harus diperbaiki....
Padahal hari itu ada kuliah sampai jam 8.10. Tapi untung besok kantor memberikan ijin cuti untuk melakukan persiapan.

Malam sebelum sidang ini benar-benar malam yang berat buat saya. Selain saya terus kuatir dengan sidang yang akan terjadi esok hari, ternyata hari itu entah kenapa Tuhan ingin menguji hati saya lewat orang-orang yang pernah singgah di hati saya. Wah, suasana malem itu benar-benar kacau. Saya harus konsentrasi untuk persiapan besok, tapi di satu sisi saya sedih banget karena orang-orang tersebut. Awal cobaan di malam itu adalah rasa malas yang timbul karena rasa capek sepulang kuliah. Rasa malas ini akhirnya bisa hilang setelah 2 teman saya mau menemani saya dan memberi semangat. Tapi ternyata cobaan malam itu ga berhenti sampai disitu... saat saya sudah mulai semangat untuk mengerjakan PPT, ternyata orang-orang yang pernah singgah di hati saya menguji hati saya. Saya sangat sedih saat itu, saya butuh teman yang menemani saya... Tapi teman-teman sudah pada tidur karena saat itu sudah jam 1 malam. Biasanya kalau tidak ada teman dan sedang sedih, saya akan mencoba untuk tidur... Tapi kali ini saya ga bisa seperti itu.. saya harus konsen untuk PPT ini...
Akhirnya saya mencoba untuk berbicara ke Tuhan, dan Tuhan bantu saya... Thx God, akhirnya saya dapat sedikit mengesampingkan meskipun belum hilang seluruhnya.

Saat saya sedih, kuatir dan bimbang... Saya ingat 1 lagu yang judulnya "Ingat Kasihnya". Lagu ini benar-benar membuat saya sadar, bahwa kasih dan anugerah Tuhan itu sangat besar kepada Saya. Hal ini yang membuat Saya bangkit untuk menghargai hidup yang sudah Tuhan berikan.

Bersambung...... ke bagian 2