2.07.2010

Persahabatan

2.07.2010
Sering kita mendengar kata sahabat, bahkan sering kita mengklaim seseorang adalah sahabat kita meskipun kita sebenarnya tidak tau apakah mereka juga melakukan hal yang sama dengan menganggap kita adalah sahabatnya.

Menurut wikipedia, "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif.

Menurut pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa memiliki satu sahabat jauh lebih berharga dari seribu teman yang memetingkan diri sendiri.

Persahabatan dihasilkan dari sebuah proses pertemanan dan hal itu tidak mungkin tercipta secara otomatis. Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur dan disakiti, diperhatikan dan dikecewakan, didengar dan diabaikan, dibantu dan ditolak, namun semuanya itu tidak pernah sengaja dilakukan oleh seorang sahabat dengan tujuan kebencian.
seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya. Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.


Menjadi seorang sahabat akan memiliki kerinduan untuk menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.

Saya pernah menerima sms yang terus saya ingat, isinya "Saya tidak berharap untuk jadi orang yang terpenting dalam hidupmu, itu permintaan yang terlalu besar. Saya hanya berharap suatu hari nanti jika kamu mendengar nama saya, kamu akan tersenyum dan berkata, DIA SAHABAT SAYA." Tentu saja tidak ada persahabatan yang hanya satu sisi. Percuma saja kita mengatakan sahabat saya a,b,c,d tetapi ternyata kita melupakan seseorang. Sahabat kita pun juga akan senang apabila dia mengetahui bahwa kita mengakui persahabatan yang telah dijalin.

Persahabatan tidak akan dapat dengan mudah dirusak. Meskipun lama tidak berkomunikasi, lama tidak bertemu... persahabatan itu akan selalu ada karena persahabatan itu berasal dari hati dan akan selalu merasa dekat tanpa perlu adanya komunikasi. Dalam sebuah hubungan persahabatan, seringkali kita mengalami kejengkelan, tetapi hal itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah.

Persahabatan sejati layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya.

Sahabat sejati akan tetap bersama kita ketika kita merasa seisi dunia meninggalkan kita.

Jika seluruh sahabatku melompat dari suatu jurang, aku tidak akan mengikuti mereka, tapi aku akan berada di dasar jurang untuk menangkap mereka.

Rangkullah sahabat sejatimu dengan kedua lenganmu.


Aku akan membimbingmu, dan kamu akan membimbingku, begitu sebaliknya.


Persahabatan adalah satu jiwa dalam dua raga.


Jangan kamu berjalan di depanku, aku tidak dapat mengikutimu, jangan kamu berada di belakangku, aku tidak bisa memimpinmu, berjalanlah disampingku, jadilah temanku.


Teman akan mendengarkan apa yang kamu katakan, sahabat sejati akan mendengar apa yang tidak kamu katakan.


Seorang sahabat adalah yang dapat mendengarkan lagu di dalam hatimu, dan menyanyikannya kembali saat kamu lupa akan bait-baitnya.

Ingatlah kapan terakhir kali kamu berada dalam kesulitan, siapa yang berada di sampingmu? siapa yang mengasihimu saat kamu merasa tidak dicintai? siapa yang ingin bersamamu saat kamu tidak bisa memberikan apa-apa?

MEREKALAH SAHABATMU.

Semoga tulisan ini mampu memberikan gambaran tentang seorang sahabat dan kita bisa menilai siapakah sahabat kita? dan jangan pernah lupakan bahwa meskipun kita tidak memiliki 1 sahabat pun di dunia ini, kita tetap mempunyai seorang sahabat... yaitu TUHAN YESUS KRISTUS yang selalu setia dan tidak pernah meninggalkan kita dalam kondisi apapun.

0 comments:

Post a Comment