6.30.2009

Penantian

6.30.2009
Kalau kita mendengar kata penantian, banyak hal yang ada dalam pikiran kita. Baik itu mengapa kita menantikan sesuatu ataupun bagaimana perasaan kita pada saat kita berada dalam sebuah penantian...

Bagi saya penantian bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Ada satu hal yang saya nantikan sejak kecil. Saat ini, mungkin sudah pernah saya dapatkan hal tersebut, tapi bagi saya, apa yang saya dapat belum dapat menjawab apa yang saya inginkan.
Bukan hal yang mudah untuk melakukan penantian....
Sebagai contoh, kenapa banyak orang yang tidak bisa mengantri? Selain budaya indonesia yang selalu saling serobot, itu juga menunjukkkan bahwa bagi kebanyakan orang kegiatan menunggu itu merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan.

Satu hal yang diperlukan pada saat kita menunggu, yaitu kesabaran....

Ada satu cerita mengenai kesabaran :

Suatu hari terdapat anak dan ibu kerang,mereka berjenis kerang mutiara.
di sekitar mereka juga hidup berbagai macam kerang, tetapi hanya mereka yg berjenis mutiara. Suatu ketika, si anak kerang kemasukan pasir. Anak kerang merasa kesakitan dan mengeluh pd ibunya..

anak (A): bu, perih skali bu.. pasir ini membuatku sakit..

Ibu (I): iya nak, ibu tau.. Tuhan tidak memberi kita tangan atau pun tentakel untuk membantu mu mengeluarkan pasir itu nak..

A: tp ini sungguh menyiksaku, bu.. aku tak tahan lagi..!!

I: sabar, sayang.. ibu juga tidak bisa membantu mu.. yang dapat ibu lakukan hanyalah membuat mu tetap bertahan

A: adilkah tuhan pada kita bu? Dia memberikan ku kepedihan yg luar biasa bu..

I: Tuhan itu Maha Adil, nak.. percayalah..

A: lalu apa yg harus aku lakukan, bu?

I: bersabarlah... bungkuslah pasir itu dengan kesabaran dan air mata mu.. tp bukan untuk menghiba, nak.. tp untuk bertahan..

dan sang anak pun melaksanakan apa yg ibu nya katakan.. lama kelamaan, pasir yg masuk ke kerang mutiara itu pun terbalut dan mulai membentuk sebuah mutiara yg cantik..si anak tidak sadar, bahwa dgn kesabaran dan kepedihannya dy bisa menghasilkan sebuah mutiara yg indah..
Suatu ketika, ketika semua kerang di sekitarnya diambil para nelayan, ibu dan anak tersebut tidak ikut diambil..yg diambil dr mreka hanyalah mutiara nya dan mreka dibebaskan krn dg kesabaran akan kepedihan yg mreka dapatkan... nasib mreka tidak berakhir di pasar-pasar dan diperjualbelikan secara murah..

Dari
kisah diatas kita bisa mengetahui bahwa dengan kesabaran kita bisa mendapatkan hal yang terindah yang Tuhan kehendaki untuk kita.

Pertanyaan yang ingin saya tanyakan :
1. Sampai kapan kita harus terus bersabar?
2. Bagaimana kita bisa mempertahankan kesabaran itu, apabila hal itu sudah kita nantikan lama sekali?
3. Mungkinkah kesabaran itu tidak membuahkan hasil?

Saat ini, saya hanya bisa meyakini bahwa kesabaran akan membuahkan sesuatu yang luar biasa.... Dan saya yakin Tuhan itu begitu adil, begitu menyanyangi kita sebagai umatNya...
Entah saya harus menunggu berapa lama lagi? Saya berharap dapat terus bersabar sampai tiba waktunya...

0 comments:

Post a Comment