3.30.2009

Jangan Lari dari MASALAHmu

3.30.2009
Tidak jarang kita merasakan masalah selalu ada di sekitar kita.
Banyak yang berkata bahwa masalah itu seperti makanan yang harus kita makan setiap hari. Hidup tanpa masalah sama saja dengan kematian. Sekecil apapun tindakan kita, ternyata hal itu pasti memiliki masalah...

Satu hal yang patut kita ingat, tidak semua masalah merupakan masalah bagi orang lain. Sesuatu hal yang kita anggap sebagai masalah mungkin bagi orang lain, hal itu bukanlah masalah melainkan sebuah peluang...
Tergantung bagaimana kita memandang suatu masalah.

Tapi tidak jarang pula, kita menemukan sesuatu hal yang benar-benar masalah bagi semua orang. Siapapun yang mendapatkan hal itu pasti menganggap nya sebagai suatu masalah.


Kalau kita melihat dari alkitab, ternyata alkitab juga memberikan beberapa petunjuk untuk setiap masalah kita.
Alkitab selalu berpesan jangan lari dari masalah sekalipun itu susah.

1. Masalah adalah sarana pembelajaran
"Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah." (Roma 8 : 28)

2. Masalah adalah proses pendewasaan
"Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya." ( 2 Ptr 3 : 18 )

3. Masalah adalah proses tahan uji
"Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia." ( Yak 1 : 12 )

4. Be the winner !
"Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita." ( Roma 8 : 37 )
"Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?" ( Matius 6 : 25 )
"Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!" ( Yer 17 : 7 )

Alkitab ingin mengajarkan pada kita bahwa masalah itu bertujuan untuk memproses hidup kita menjadi yang lebih baik di mata-Nya.
Saat kita berada dalam pergumulan masalah, jangan lari dari masalah itu tapi HADAPILAH dan BE THE WINNER. Serahkan segalanya kepada Tuhan, serahkan segala kekuatiran kita dan hadapilah dengan kemampuan terbaik kita. Saat kita menyerahkan segala kekuatiran kita kepada Tuhan, tanpa sadar kita mengikut sertakan Tuhan untuk membantu kita menyelesaikan masalah kita.

Lari dari masalah tidak akan pernah menyelesaikan masalah tersebut melainkan hanya akan menghindar untuk beberapa saat. Setelah beberapa saat, masalah itu akan timbul lagi. Mungkin juga masalah yang datang kemudian akan lebih berat dari yang sekarang. Jadi jangan pernah sekali-kali mencoba untuk lari dari masalah. Hadapilah dan ambillah pelajaran dari hal itu. Tuhan tidak akan memberikan cobaan itu saat kita belum siap. Tuhan mengerti kemampuan kita. Saat kita menerima masalah yang berat, syukurilah karena Tuhan yakin kita bisa mengatasinya.

Bagi teman-teman yang sedang dihadapkan pada suatu masalah.... AYO BANGKIT... SELESAIKAN MASALAHMU.... JANGAN PUTUS ASA ataupun LARI.
TUHAN ada untuk setiap MASALAHMU. TUHAN ingin kamu BELAJAR dari setiap MASALAHMU untuk menjadikan kamu INDAH. Karena TUHAN SAYANG KALIAN. TUHAN ingin SELALU DEKAT DENGANMU.

Roma 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

2 comments:

Anonymous said...

thanks yah for this article...sangat memberkati..aku copy yah buat dijadikan catatan di FB

Nit2x said...

@Anonim : silahkan... semoga artikel ini bisa memberkati semua orang. :)

Post a Comment