9.02.2008

Tipe-tipe Blogger

9.02.2008

Mungkin sudah ada ratusan ribu blogger di Indonesia. Di situs Indonesia.blog hampir tercatat 7000-an blogger dan sekitar 4000-an bersifat personal. Bloging sudah menjadi hobi yang menarik banyak orang, bahkan banyak blogger yang menuangkan semua tulisannya ke dalam bentuk buku. Ngomong-ngomong soal blogger, saya mencoba untuk mengelompokkan tipe-tipe blogger yang ada.
Kalau dilihat dari aktif tidaknya blogger menulis, maksudnya adalah keberlanjutan blogger untuk menulis, maka tipe blogger bisa dibagi 2 yaitu blogger aktif dan pasif. Blogger aktif akan menulis secara teratur, bisa setiap hari atau dua hari sekali (minimal). Blogger aktif juga akan menggunakan waktu senggang walau hanya berdurasi 10-20 menitan. Mereka akan menggunakan waktu ini sebaik-baiknya untuk menghasilkan minimal 1 tulisan. Akhir pekan juga merupakan waktu yang digunakan oleh blogger untuk menulis.

Sedangkan blogger pasif ditunjukkan dengan jarangnya tulisan yang dimuat secara teratur. Seminggu hanya nulis satu tulisan bahkan sebulan sekali baru menulis. Tipe ini disebabkan karena blogger belum menjadikan bloging sebagai hobi, tapi baru sebatas ‘ikut-ikutan teman’ (he..he..). Produktifitas menulisnya masih rendah. Ini bisa jadi disebabkan karena blogger tipe ini belum punya kemampuan menulis dengan baik apalagi terbatasnya ide-ide untuk menulis

Jika tipe blogger dibagi berdasarkan substansi tulisan-tulisan yang dimuat maka ada beberapa tipe antara lain:
Tipe-aristoteles: Blogger dengan tipe ini sangat suka menulis tulisan-tulisan yang agak susah untuk dimengerti karena butuh daya imajinasi dan nalar yang tinggi. Kalimat-kalimat yang ditulis penuh dengan sayap, bahkan bagi orang awam kalimat-kalimat itu tidak berarti apa-apa. Walau susah dimengerti kata-kata yang dipakai sangat indah dan kadang-kadang romantis.

Tipe-einstein: Blogger tipe ini sangat konsisten menulis yang didominasi dengan tulisan-tulisan ilmiah. Karena memang sangat menyukai hal-hal yang bersifat sains dan rekayasa. Ada juga tipe-einstein pasif dan aktif. Kalau yang aktif biasanya berasal dari kalangan akademisi atau peneliti. Sedangkan yang pasif biasanya berasal dari pemerhati ilmu dan teknologi. Tulisan-tulisan blogger tipe ini amat bermanfaat bagi mahasiswa untuk dijadikan referensi alternatif dalam menunjang aktifitas perkuliahannya.

Tipe-gates: Blogger tipe ini sangat menyukai tulisan-tulisan yang penuh dengan inspirasi. Banyak tulisan dari tipe blogger ini memotivasi pembacanya. Blogger tipe ini biasanya mempunyai hobi membaca buku dan kemudian memindahkan opininya tentang buku yang dibaca tersebut dalam bentuk tulisan pendek yang kaya dengan semangat dan imajinatif.

Tipe-chaplin: Blogger dengan tipe ini amat menyukai lelucon-lelucon. Kadang-kadang selera leluconnya amat tinggi sehingga bagi kaum awam lelucon itu menjadi tidak lucu lagi. Blogger tipe ini suka puisi, drama dan nonton opera termasuk film. Dari hobinya ini mereka menulis hal-hal yang berbau lucu dan tulisannya sangat kreatif.

Tipe-rossi : Blogger tipe ini sangat realistis. Banyak tulisannya terinspirasi dari lingkungan sekitarnya. Mereka punya imajinasi yang tinggi terhadap permasalahan yang ada sehingga mampu juga memberikan solusi-solusinya. Pengetahuan blogger tipe ini juga tinggi dan banyak tulisannya merupakan hasil pemikiran orisinal.

Tipe-potter : Blogger tipe ini biasanya kaum muda yang sedang mencari jati dirinya. Mereka sangat kreatif dan penggunaan bahasanya sangat anak muda. Blogger seperti ini biasanya mendesain blognya dengan gaya anak muda serta warna yang penuh dengan semangat. Tentu blog kaum blogger ini banyak dikunjungi oleh kaum muda yang seusia.

Sebenarnya masih ada tipe yang lainnya, tapi bisa jadi ada blogger yang bertipe lebih dari 2 jenis. Silakan para blogger untuk mendeklarasikan dirinya sebagai blogger dengan tipe seperti apa. Selamat menikmati sebagai blogger. Ngebloging yuk! (ditulis 29 Juli 2008, penemu: Ketut Wikantika)